Rabu, 26 September 2012

0 Sistem Saraf

MIND MAP SISTEM SARAF



A.SistemSaraf pada Manusia
Sistem saraf merupakan salah satu sistem koordinasi yangbertugas menyampaikan rangsangan dari reseptor untuk dideteksi dan diresponoleh tubuh. Sistem saraf memungkinkan makhluk hidup tanggap dengan cepatterhadap perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan luar maupun dalam.

Untukmenanggapi rangsangan, ada tiga komponenyang harus dimiliki oleh sistem saraf, yaitu:
  • Reseptor, adalah alat penerima rangsangan atau impuls.Pada tubuh kita yangbertindak sebagai  reseptor adalah organ indera
  • Penghantar impuls, dilakukan oleh saraf itusendiri. Saraf tersusun dari berkas serabut penghubung (akson). Padaserabut penghubung terdapat sel-sel khusus yang memanjang dan meluas.Sel saraf disebut neuron
  • Efektor, adalah bagian yang menanggapi rangsangan yang telah diantarkan oleh penghantar impuls. Efektor yang paling penting pada manusia adalah otot dan kelenjar.

1.SelSaraf (Neuron)

Sistem saraf terdiri atas sel-sel saraf yang disebut neuron.Neuron bergabung membentuk suatu jaringan untuk mengantarkan impuls(rangsangan). Satu sel saraf tersusun dari badan sel,dendrit, dan akson.

    a.Badan sel
    Badan sel saraf merupakan bagian yang paling besar dari selsaraf  Badan sel berfungsi untuk menerima rangsangan dari dendrit danmeneruskannya ke akson.Pada badan sel saraf terdapat inti sel, sitoplasma,mitokondria, sentrosom, badan golgi, lisosom, dan badann sel.Badann selmerupakan kumpulan retikulum endoplasma tempat transportasi sintesis protein.
    b. Dendrit
    Dendrit adalah serabut sel saraf pendek dan bercabang-cabang.Dendrit merupakan perluasan dari badan sel.Dendrit berfungsi untuk  menerima danmengantarkan rangsangan kebadan sel.
    c.Akson
    Akson disebut neurit. Neurit adalah serabut sel saraf panjang yang merupakanperjuluran sitoplasma badan sel. Di dalam neurit terdapat benang-benang halusyang disebut neurofibril.Neurofibril dibungkus oleh beberapa lapis selaputmielin yang banyak mengandung zat lemakdan berfungsi untuk mempercepat jalannyarangsangan. Selaput mielin tersebut dibungkus oleh sel- selsachwann yangakan membentuk suatu jaringan yang dapatmenyediakan makanan untuk neurit dan membantu pembentukan neurit. Lapisan mielinsebelah luar disebut neurilemma yang melindungi akson dari kerusakan. Bagian neuritada yang tidak dibungkus oleh lapisan mielin. Bagian ini disebut dengan nodusranvier dan berfungsi mempercepat jalannya rangsangan.

    Adatigamacam sel saraf yang dikelompokkan berdasarkan strukturdanfungsinya, yaitu:
    • Sel saraf sensorik, adalah sel saraf yang berfungsi menerimarangsangan dari reseptoryaitu alat indera.
    • Sel saraf motorik, adalah sel saraf yang berfungsi mengantarkanrangsangan ke efektor yaituotot dan kelenjar.Rangsangan yang diantarkan berasal atau diterima dariotak dan sumsumtulang belakang.
    • Sel saraf penghubung, adalah sel saraf yang berfungsimenghubungkan sel saraf satu dengansel saraf lainnya. Sel sarafini banyak ditemukan di otak dan sumsum tulang belakang.Selsaraf yang dihubungkan adalah sel saraf sensorik dansel saraf motorik.

    Saraf yang satu dengan saraf lainnya saling berhubungan.Hubunganantara saraf tersebutdisebut sinapsis. Sinapsis initerletak antara dendrit danneurit. Bentuk sinapsis seperti benjolan dengan kantung-kantung yang berisi zatkimia sepertiasetilkolin (Ach) dan enzim kolinesterase.Zat-zat tersebut berperandalam mentransfer impuls pada sinapsis.

    2. Impuls
    Impuls adalahrangsangan atau pesan yang diterima olehreseptor dari lingkungan luar, kemudian dibawa oleh neuron. Impuls dapat juga dikatakan sebagaiserangkaian pulsa elektrik yang menjalari serabut saraf. Contoh rangsangan adalah sebagaiberikut.
    • Perubahan dari dinginmenjadi panas.
    • Perubahan dari tidak ada tekanan pada kulit menjadi adatekanan.
    • Berbagai macam aroma yang tercium oleh hidung.
    • Suatu benda yang menarik perhatian.
    •  Suara bising.
    • Rasa asam, manis, asin dan pahit pada makanan.

    Impuls yang diterima oleh reseptor dan disampaikan keefektorakan menyebabkan terjadinya gerakan atau perubahanpada efektor. Gerakan tersebut adalahsebagai berikut.

    a. Gerak sadar
    Gerak sadar atau gerak biasa adalah gerak yangterjadi karena disengaja atau disadari.Impuls yang menyebabkan gerakan inidisampaikan melalui jalan yang panjang .Bagannya adalah sebagai berikut.

    b. Gerak refleks
    Gerak refleks adalah gerak yang tidak disengaja atau tidak disadari.Impuls yang menyebabkan gerakan ini disampaikan melalui jalan yang sangatsingkat dan tidak melewati otak. Bagannya sebagaiberikut.




    Contoh gerak refleksadalah sebagai berikut.
    • Terangkatnya kakijika terinjak sesuatu
    • Gerakan menutupkelopak mata dengan cepat jika ada benda asing yang masuk ke mata.
    • Menutup hidung padawaktu mencium bau yang sangat busuk.
    • Gerakan tangan menangkap benda yang tiba-tiba terjatuh.
    • Gerakan tangan melepaskan benda yang bersuhu tinggi

    3.Susunan Sistem Saraf
    Susunan sistem saraf manusia tersusun dari sistem saraf pusatdan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiriatas otak dan sumsum tulangbelakang. Sedangkan sistem saraftepi terdiri atas sistem saraf somatis dansistem saraf otonom.
    a.Sistem saraf pusat
    Otak
    Otak merupakan alat tubuh yang sangat pentingdan sebagai pusat pengatur dari segala kegiatan manusia.Otakterletak di dalam rongga tengkorak, beratnya lebih kurang 1/50 dariberat badan.Bagian utama otak adalah otak besar (Cerebrum),otak kecil Cerebellum),danbatangotak.Otak besar merupakan pusatpengendali kegiatan tubuh yang disadari. Otak besar
    dibagi menjadi duabelahan, yaitu belahan kanan dan belahan kiri

    Masing-masing belahanpada otak tersebut disebut hemister.Otak besar belahan kanan mengatur danmengendalikan kegiatan tubuh sebelah kiri, sedangkan otak belahan kirimengatur dan mengendalikan bagian tubuh sebelah kanan.
    Otak kecil terletak dibagian belakang otak besar, tepatnya di bawah otak besar. Otak kecil terdiri atasdua lapisan,yaitu lapisan luar berwarna kelabu dan lapisan dalam berwarnaputih.Otak kecil dibagi menjadi dua bagian,yaitu belahan kiri dan belahan kananyang dihubungkan oleh jembatan varol. Otak kecil berfungsi sebagai pengaturkeseimbangan tubuh dan mengkoordinasikan kerja otot ketika seseorang akanmelakukan kegiatan.
    Batang otak tersusun darimedula oblangata, pons, danotak tengah. Batang otak terletak didepan otakkecil,di bawah otak besar, dan menjadi penghubung antara otak besar dan otak kecil.Batang otak disebut dengan sumsum lanjutan atau sumsum penghubung.Batang otak terbagi menjadi dua lapis, yaitu lapisan dalam dan luar berwarnakelabu karena banyak mengandung neuron. Lapisan luar berwarna putih, berisineurit dan dendrit. Fungsi dari batang otak adalah mengatur refleksfisiologis,seperti kecepatan napas, denyut jantung,suhu tubuh,tekanan, darah, dan kegiatanlain yang tidak disadari.

    Sumsum tulang belakang
    Sumsum tulang belakangterletak memanjang di dalam rongga tulang belakang, mulaidari ruas-ruastulangleher sampai ruas-ruas tulang pinggang yangkedua. Sumsum tulangbelakang terbagimenjadi dualapis, yaitu lapisan luar berwana putih dan lapisan dalamberwarnakelabu. Lapisan luar mengandung serabutsaraf dan lapisan dalam mengandungbadansaraf.
    Di dalam sumsum tulangbelakang terdapat saraf sensorik, saraf motorik, dan sarafpenghubung.Fungsinyaadalah sebagai penghantar impuls dari otakdan ke otak serta sebagaipusatpengatur gerak refleks.
    b.Sistem Saraf Tepi
    Sistem saraf tepitersusun dari semua saraf yang membawapesan dari dan ke sistem sarafpusat.Kerjasama antarasistem pusat dan sistem saraf tepi membentukperubahancepatdalamtubuhuntukmeresponrangsangandarilingkunganmu. Sistem sarafini dibedakan menjadi sistemsaraf somatis dan sistem saraf otonom.
    o
    Sistem saraf somatis
    Sistem sarafsomatisterdiri dari 12 pasang saraf kranial dan 31 pasang sarafsumsumtulangbelakang. Kedua belas pasang sarafotak akan menuju ke organ tertentu, misalnyamata,hidung, telinga, dan kulit. Saraf sumsum tulang belakangkeluar melaluisela-sela ruas tulangbelakangdanberhubungan dengan bagian-bagiantubuh, antaralainkaki, tangan, dan ototlurik.
    Saraf-saraf dari sistemsomatis menghantarkan informasi antara kulit, sistem sarafpusat, danotot-ototrangka. Proses ini dipengaruhi saraf sadar, berarti kamudapatmemutuskanuntuk menggerakkan atau tidakmenggerakkan bagian-bagian tubuh dibawah pengaruhsistemini. Contoh dari sistem saraf somatis adalah sebagaiberikut
    .Ketika kita mendengar bel rumah berbunyi,isyaratdari telinga akan sampai ke otak.
    Otak menterjemah-kan pesan tersebut danmengirimkan isyarat kekaki untuk berjalan
    mendekati pintu dan meng-isyaratkan ke tanganuntuk membukakan pintu.
    Ketika kita merasakan udara di sekitar kitapanas,kulit akan menyampaikan
    informasi tersebut keotak. Kemudian otakmengisyaratkan pada tanganuntuk
    menghidupkan kipas angin.
    Ketika kita melihat kamar berantakan, mataakanmenyampaikan informasi tersebut
    ke otak, otak akan menterjemahkan informasitersebut dan mengisyaratkan
    tangan dan kaki untuk bergerakmembersihkankamar.
    o
    Sistem saraf otonom
    Sistem saraf otonommengatur kerja jaringan dan organ tubuh yang tidakdisadari atauyang tidakdipengaruhi oleh kehendakkita. Jaringan dan organ tubuh diatur oleh sistemsarafotonom adalah pembuluh darah dan jantung. Sistemsaraf otonom terdiri atassistem sarafsimpatik dansistem saraf parasimpatik.
    Sistem saraf simpatikdisebut juga sistem saraf torakolumbar, karena saraf preganglionkeluardaritulang belakang toraks ke-1 sampai dengan ke-12.Sistem saraf ini berupa 25pasangganglion atau simpulsaraf yang terdapat di sumsum tulang belakang.Fungsidari sistem sarafsimpatik adalah sebagai berikut.
    Mempercepat denyut jantung
    Memperlebarpembuluh darah
    Memperlebarbronkus
    Mempertinggitekanan darah
    Memperlambatgerak peristaltis
    Memperlebarpupil
    Menghambatsekresi empedu
    Menurunkansekresi ludah
    Meningkatkansekresi adrenalin.
    Sistem sarafparasimpatikdisebut juga dengan sistem saraf kraniosakral,karenasarafpreganglion keluar dari daerah otak dan daerahsakral. Susunan sarafparasimpatik berupa jaring-jaringyang berhubung-hubungan dengan ganglion yangtersebar di seluruh tubuh. Urat sarafnyamenuju keorgan tubuh yang dikuasai olehsusunan saraf simpatik.
    Sistem saraf parasimpatik memiliki fungsi yang berkebalikandengan fungsi sistem sarafsimpatik. Misalnya pada sistem saraf simpatikberfungsi mempercepat denyut jantung, sedangkanpada sistem saraf parasimpatikakan memperlambat denyut jantung.


    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Bukan Ariesta Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates