Sabtu, 27 November 2010

0 Psikologi Remaja, Karakteristik dan Permasalahannya



Menurut Hurlock (1981)remaja adalah mereka yang berada pada usia 12-18 tahun. Monks, dkk (2000)memberi batasan usia remaja adalah 12-21 tahun. Menurut Stanley Hall (dalamSantrock, 2003) usia remaja berada pada rentang 12-23 tahun. Berdasarkanbatasan-batasan yang diberikan para ahli, bisa dilihat bahwa mulainya masaremaja relatif sama, tetapi berakhirnya masa remaja sangat bervariasi. Bahkanada yang dikenal juga dengan istilah remaja yang diperpanjang, dan remaja yangdiperpendek.
Remaja adalah masa yangpenuh dengan permasalahan. Statemen ini sudah dikemukakan jauh pada masa laluyaitu di awal abad ke-20 oleh Bapak Psikologi Remaja yaitu Stanley Hall.Pendapat Stanley Hall pada saat itu yaitu bahwa masa remaja merupakan masabadai dan tekanan (storm and stress) sampai sekarang masih banyak dikutip orang.
Menurut Erickson masaremaja adalah masa terjadinya krisis identitas atau pencarian identitas diri.Gagasan Erickson ini dikuatkan oleh James Marcia yang menemukan bahwa ada empatstatus identitas diri pada remaja yaitu identity diffusion/ confussion,moratorium, foreclosure, dan identity achieved (Santrock, 2003, Papalia, dkk,2001, Monks, dkk, 2000, Muss, 1988). Karakteristik remaja yang sedang berprosesuntuk mencari identitas diri ini juga sering menimbulkan masalah pada diriremaja.
Gunarsa (1989) merangkumbeberapa karakteristik remaja yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan padadiri remaja, yaitu:
1. Kecanggungan dalampergaulan dan kekakuan dalam gerakan.
2. Ketidakstabilan emosi.
3. Adanya perasaan kosongakibat perombakan pandangan dan petunjuk hidup.
4. Adanya sikap menentangdan menantang orang tua.
5. Pertentangan di dalamdirinya sering menjadi pangkal penyebab pertentangan-pertentang dengan orangtua.
6. Kegelisahan karena banyakhal diinginkan tetapi remaja tidak sanggup memenuhi semuanya.
7. Senangbereksperimentasi.
8. Senang bereksplorasi.
9. Mempunyai banyakfantasi, khayalan, dan bualan.
10. Kecenderungan membentukkelompok dan kecenderungan kegiatan berkelompok.
Berdasarkan tinjauan teoriperkembangan, usia remaja adalah masa saat terjadinya perubahan-perubahan yangcepat, termasuk perubahan fundamental dalam aspek kognitif, emosi, sosial danpencapaian (Fagan, 2006). Sebagian remaja mampu mengatasi transisi ini dengan baik,namun beberapa remaja bisa jadi mengalami penurunan pada kondisi psikis,fisiologis, dan sosial. Beberapa permasalahan remaja yang muncul biasanyabanyak berhubungan dengan karakteristik yang ada pada diri remaja. Berikut inidirangkum beberapa permasalahan utama yang dialami oleh remaja.
Permasalahan Fisik danKesehatan
Permasalahan akibatperubahan fisik banyak dirasakan oleh remaja awal ketika mereka mengalamipubertas. Pada remaja yang sudah selesai masa pubertasnya (remaja tengah danakhir) permasalahan fisik yang terjadi berhubungan dengan ketidakpuasan/keprihatinan mereka terhadap keadaan fisik yang dimiliki yang biasanya tidaksesuai dengan fisik ideal yang diinginkan. Mereka juga sering membandingkanfisiknya dengan fisik orang lain ataupun idola-idola mereka. Permasalahan fisikini sering mengakibatkan mereka kurang percaya diri. Levine & Smolak (2002)menyatakan bahwa 40-70% remaja perempuan merasakan ketidakpuasan pada dua ataulebih dari bagian tubuhnya, khususnya pada bagian pinggul, pantat, perut danpaha. Dalam sebuah penelitian survey pun ditemukan hampir 80% remaja inimengalami ketidakpuasan dengan kondisi fisiknya (Kostanski & Gullone,1998). Ketidakpuasan akan diri ini sangat erat kaitannya dengan distres emosi,pikiran yang berlebihan tentang penampilan, depresi, rendahnya harga diri,onset merokok, dan perilaku makan yang maladaptiv (& Shaw, 2003; Stice& Whitenton, 2002). Lebih lanjut, ketidakpuasan akan body image ini dapatsebagai pertanda awal munculnya gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia(Polivy & Herman, 1999; Thompson et al).
Dalam masalah kesehatantidak banyak remaja yang mengalami sakit kronis. Problem yang banyak terjadiadalah kurang tidur, gangguan makan, maupun penggunaan obat-obatan terlarang.Beberapa kecelakaan, bahkan kematian pada remaja penyebab terbesar adalahkarakteristik mereka yang suka bereksperimentasi dan berskplorasi.
Sumber:http://netsains.com/2009/04/psikologi-remaja-karakteristik-dan-permasalahannya/



0 komentar:

Posting Komentar

 

Bukan Ariesta Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates