Sabtu, 27 November 2010

0 Psikologi Behaviorisme

Sistempsikologi behaviorisme ini merupakan transisi dari sistem sebelumnya? Psikologibehaviorisme memaknai psikologi sebagai studi tentang perilaku dan sistemini mendapat dukungan kuat dalam perkembangannya di abad 20 Amerika Serikat? Dalampandangannya, perilaku yang dapat diamati dan dikuantifikasi memiliki maknanyasendiri, bukan hanya berfungsi sebagai perwujudan peristiwa-peristiwa mentalyang mendasarinya? 
Gerakan ini secara formal diawali oleh seorang psikolog Amerika bernama JohnBroadus Watson (1878-1958) dengan makalahnya berjudul "Psychology asthe Behaviorist Views It" dan dipublikasikan pada tahun 1913?

Watson mengusulkan peralihan dari pemikiran radikal yang membahas perkembanganpsikologi bedasarkan kesadaran dan proses mental? Watson mendukung perilakutampak yang dapat diamati sebagai satu-satunya subjek pembahasan yang masukakal bagi ilmu pengetahuan psikologi? Sistem Watson yang memfokuskan padakemampuan adaptasi perilaku terhadap stimuli lingkungan, menawarkan ilmupsikologi yang positif dan objektif dan pada tahun 1930 behaviorisme menjadisistem dominan dalam psikologi Amerika?

Watson sangat berhasil dalam mengawali perubahan perkembangan psikologi?Sehingga behaviorisme secara bertahap berkembang dari definisi awal watsonmenjadi behaviorisme yang mencakup rangakaian aktivitas manusia daninfra manusia yang luas dan dipelajari melalui beragam metodologi empiris?

Psikologi behaviorisme sebagai disiplin empiris yang mempelajariperilaku sebagai adaptasi terhadap stimuli lingkungan? Inti utama behaviorismeadalah bahwa organisme mempelajari adaptasi perilaku dan pembelajaran tersebutdikendalikan oleh prinsip-prinsip asosiasi?
Pendekatan empiris berdasarkan pengkajian asosiasi dalam psikologibehavioristik yang secara umum mengikuti pendapat para filsuf inggris danjuga konsep locke tentang kepasifan mental yang bermakna bahwa isi pikiranbergantung pada lingkungan?

Psikologi behaviorisme juga berfundamental pada refleksiologi? Meskipunpenelitian tentang perolehan refleks dilakukan sebelum diterbitkannyatulisan-tulisan Watson, karena penelitian ini sebagian besar dilakukan olehpeneliti berkebangsaan rusia seperti Ivan Petrovich Pavlov (1849-1936)?
Tetapi kelompok ilmuwan rusia tersebut memberikan dampak besar bagibehaviorisme setelah publikasi tulisan-tulisan Watson dan berperan sebagaikekuatan untuk memperluas formulasi aslinya?


0 komentar:

Posting Komentar

 

Bukan Ariesta Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates